Senin, 24 Desember 2012

Say No to Korupsi !!


Say No to Korupsi !!
Jaman sekarang ini banyak korupsi dimana-mana, sebenarnya saya bingung apa sih yang menyebabkan seseorang bisa melakukan hal tersebut. Pertama saya akan mendefinisikan apa itu korupsi. Korupsi atau rasuah adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.
Sebenarnya korupsipun bisa dilakukan saat kita masih kecil, namun kita tidak menyebut hal itu dengan korupsi, contoh: ada seorang anak SMP yang meminta uang bayaran kepada orang tuanya, dia melebihkan uang yang sebenarnya akn dibayar untuk disishkan. Sebenarnya hal itu juga akan menjurus ke korupsi, mungkin dengan kata lain, jika kita di didik dari kecil dengan benar dalam artian kita di didik untuk tidak KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) setidaknya kita membawa sifat baik untuk kedepannya.
Korupsi disebabkan karena Lingkungan, biasanya factor lingkungan ini sulit untuk kita hindari, kita tidak tahu mana orang baik dan mana yang jahat, setidaknya kita bisa memilih secara visual bahwa orang tersebut cocok untuk diajak berteman. Namun orang yang kita anggap baikpun kadang bisa menjerumuskan kita pada sesuatu hal yang tidak baik. Intinya janganlah kita cepat mudah percaya kepada seseorang yang baru kita kenal, jangankan yang baru kenal, yang sudah lamapun terkadang sulit untuk kita percayai.
Kedua, korupsi disebabkan karena tidak kokohnya suatu iman seseorang. Jika kita ingat terhadap Tuhan YME insya allah, kita tidak akan terjerumus kepada hal tersebut. Karena kita tahu bahwa korupsi adalah sesuatu hal yang tidak dibolehkan oleh-Nya. Agama mana yang meneyebutkan bahwa korupsi adalah suatu hal yang dibolehkan? Tidak ada! Semua agama pasti melarang hal tersebut. Seseorang akan merasa dirinya lah yang paling berkuasa jika sudah merasa paling sukses, dia akan merasa lupa dengan segala hal, termasuk lupa akan Tuhan. Biasanya karena hal ini lah seseorang akan melakukan korupsi.
Terakhir, penyebabnya yaitu karena suatu keadaan. Sesorang jika dalam keadaan sulit kadang dia akan melakukan tindakan yang negative, salah satunya dengan cara korupsi. namun penyebab ini sangat kecil untuk dilakukan, biasanya seseorang melakukannya jika dirinya merasa sudah amat sukses.
Olehkarena itu, janganlah sesekali berbuat korupsi karena itu sangat merugikan orang lain juga diri sendiri.
Pesan saya adalah, jika anda nanti sudah menjabat di suatu perusahaan janganlah sesekali anda melakukan korupsi, karena hal tersebut selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain. Berfikirlah dahulu sebelum kalian bertindak, dan fikir panjang tindakan tersebut, akibat apa yang akan kita terima nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar